Gunung Tangkuban Perahu Lembang

 

Hi Sahabat Demountain, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Wisata Bandung, yang kali ini akan mereview salah satu dari Tempat Wisata di Lembang yang wajib dikunjungi,

lebih tepatnya sebuah tempat wisata yang menawarkan eksotisme Wisata Alam di Bandung yang sangat bersejarah dan eksotik yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Informasi Gunung Tangkuban Perahu ini kang dian sajikan untuk melengkapi daftar tempat – tempat wisata di lembang yang wajib dikunjungi dan sebelumnya sudah banyak direview,

seperti diantaranya objek wisata baru yang tengah nge-hits yakni Orchid ForestGrafika Bird ParkKota Mini LembangSitu LembangDusun Bambu dan Farmhouse Lembang dll.

Nah lalu seperti apakah daya tarik cerita Misteri dan Legenda Gunung Tangkuban Perahu serta Sejarah Perkembangan Tangkuban Perahu yang pernah beberapa kali Meletus ini ?

selanjutnya dimanakah Alamat Gunung Tangkuban Perahu dan bagaimana cara mengakses Rute Jalan Menuju ke Lokasi Tangkuban Perahu di daerah Lembang Bandung ?

dan berapakah Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu terbaru ? baiklah untuk menjawabnya kang dian akan jelaskan semuanya di bawah plus Gambar Tangkuban Perahu terbaru.

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU BANDUNG

Sahabat Demountain, saat ini ada begitu banyak tempat wisata alam di bandung yang menawarkan eksotisme wisata alam pegunungan di bandung yang indah,

sebuat saja misalnya objek wisata Gunung di Bandung Selatan ada Gunung PuntangGunung Nini dan Gunung Malabar di kawasan Wisata Pangalengan,

selanjutnya ada Gunung Artapela dan Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi serta Gunung Manglayang di kawasan Tempat Wisata Alam di Bandung Timur

sementara objek wisata Gunung di daerah Lembang sendiri ada Gunung PutriGunung Burangrang dan Gunung Batu dan tentu saja Gunung Tangkuban Perahu.

Nah sahabat traveler’s, jika kemudian saya ajukan pertanyaan,

orang indonesia mana sih yang tidak kenal dengan salah satu tempat wisata di bandung Gunung Tangkuban Perahu yang melegenda dan terkenal ini ?

kang dian sangat yakin dari anak kecil hingga orang dewasa, dari dahulu hingga sekarang pasti akan tahu, seperti apa dan di mana Gunung Tangkuban Perahu itu bukan ?

kepopuleran serta cerita rakyat sangkuriang nya yang secara turun temurun diwariskan leluhur begitu melekat dengan gunung di bandung yang merupakan simbol pariwisata Bandung ini,

tentu saja akan selau diingat dan dikenang seluruh masyarakat, khususnya warga priangan bandung dan jawa barat dan umumnya masyarakat Indonesia.

KARAKTER GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

Sahabat traveler’s, Gunung Tangkuban Perahu menawarkan pesona keindahan pemandangan alam yang disuguhkannya akan mampu menghipnotis siapa pun orang yang mendatanginya,

dimana pemandangan alamnya sangat cantik dan masih alami, banyak pepohonan besar seperti Hutan Pinus Rahong sehingga suasananya sangat asri serta udaranya sangat sejuk di siang hari.

makanya jangan kaget, jika objek wisata Tangkuban Perahu selama ini selalu menjadi destinasi utama dan terfavorit para wisatawan, khususnya warga ibukota jakarta.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri adalah merupakan jenis kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Pengelolaan Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu saat ini berada di bawah tanggung jawab Perum Perhutanan serta di bawah pengawasan Direktorat Vulkanologi Indonesia.

Nah untuk itu, buat ada yang sedang mencari info seputar tempat wisata di lembang bandung yang satu ini, yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

SEJARAH TANGKUBAN PERAHU 

Sahabat Demountain, selama ini pesona keindahan alam pegunungan serta kisah cerita rakyat seputar legenda tangkuban perahu yang kontroversial begitu melekat dengan nama gunung yang satu ini,

cerita legenda tangkuban perahu yang mengisahkan tentang kisah seorang anak yang bernama Sangkuriang, yang mencintai dan kemudian ingin menikahi ibunya sendiri yang bernama dayang sumbi.

Cerita Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini memang sangat legendaris dan sangat kontroversial di masanya,

Di mana di balik pesona keindahan alamnya yang ekstos, udaranya sejuk dan suasana tempatnya yang tenang dan nyaman ini,

ternyata objek wisata di Bandung barat ini menyimpan sejuta misteri tentang sebuah kasus incest atau perkawianan sedarah yang hampir saja terjadi pada zaman dahulu kala,

yang meskipun belum terjadi namun hal ini sangat kuat dan menjadi latar belakangi cerita rakyat pasundaan akan legenda nama gunung yang termasyur hingga kini.

Sahabat traveler’s, cerita rakyat tangkuban perahu ini berawal dari kisah seorang anak laki-laki bernama Sangkuriang yang terpisah dari ibunya yang bernama Dayang Sumbi,

Ceritanya dikisahkan pada saat itu Dayang Sumbi tengah mandi di sebuah sungai, dan tanpa disadarinya, anaknya Sangkuriang yang masih kecil hanyut di sungai.

LEGENDA SANGKURIANG 

Nah singkat ceritanya, setelah sekian lama berlalu, pada suatu hari dengan kehendak tuhan yang maha kuasa, anak dan ibunya ini pun kemudian dipertemukan kembali,

Pada saat bertemu, usia Sangkuriang sudah beranjak dewasa, sementara ibunya dayang sumbi meski sudah tua namun masih nampak terlihat cantik dan awet muda

dan karena itu pulalah, sangkuriang dan dayang sumbi keduanya tidak bisa saling mengenali satu dengan yang lainnya, dan dari sejak itu mulai tumbuh rasa suka diantara keduanya.

Nah karena sangkuriang tidak mengetahui bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya, maka sangkuriang pun akhirnya jatuh cinta kepadanya dan berniat untuk melamar dan menikahinya.

Namun tuhan berkendak lain, saat keduanya sudah dekat itulah, suatu hari dengan tidak sengaja Dayang Sumbi melihat tanda lahir di kepala Sangkuriang,

dan ia pun sontak dan segera tersadar bahwa pria yang selama ini menjalin hubungan dengannya yaitu Sangkuriang adalah tiada lain adalah anaknya sendiri yang telah lama hilang.

SANGKURIANG ANAK DAYANG SUMBI

Nah menyadari akan hal itu, pada suatu hari dayang sumbi pun akhirnya menjelaskan seputar tanda yang menguatkan akan kebenaran bahwa sangkuriang adalah anaknya,

namun bukan menerima semua penjelasan darinya, malah justru sangkuriang semakin keras kepala dan tidak mempercayai cerita dayang sumbi begitu saja.

Dan pada akhirnya, Dayang Sumbi pun memberi syarat kepada Sangkuriang jika masih bersikukuh untuk melamar dan kemudian menikahinya.

yaitu, dayang sumbi meminta kepada sangkuriang untuk dibuatkan perahu besar, namun harus bisa diselesaikan dalam waktu satu malam saja.

nah mendapat tantangan seperti itu sebagai syarat untuk bisa menikahi dayang sumbi, akhirnya sangkuriang pun dengan semangat menyanggupi syarat tersebut.

Dan dengan sepenuh hati dan tenaga, Sangkuriang pun berusaha sekuat tenanga untuk bisa menyelesaikan perahu yang dibuatnya dalam waktu semalam saja.

ASAL USUL NAMA TANGKUBAN PERAHU

Sahabat traveler’s, melihat perahu yang menjadi syarat agar sangkuriang bisa menikahinya tampak segera selesai dibuat, Dayang Sumbi pun mengatur siasat untuk menggagalkan usaha sangkuriang,

Lantas, dayang sumbi pun membangunkan ayam menggunakan kain yang sudah diberi penerangan cahaya sehingga ayam itu pun mengira bahwa hari sudah memasuki pagi hari,

Dan dengan kuasa tuhan yang maha kuasa, akhirnya usahanya pun berhasil dilakukan, dimana ayam – ayam pun pada berkokok meski waktu sebenarnya masih tengah malam.

Nah mendapati kenyataan demikian, maka sangkuriang pun menjadi sangat kesal dibuatnya, karena usaha kerja kerasnya dirasakannya telah gagal.

dan oleh karenanya, maka ia pun dengan perasaan marah menendang perahu yang belum sempat jadi tersebut hingga terbalik dan jadilah sebuah gunung.

dan dari kisah atau cerita Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi inilah yang kemudian dipercaya sebagai awal mula tebentuknya gunung Tangkuban Perahu.

DAYA TARIK TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

Sahabat Demountain, cerita Sejarah Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini memang memiliki nilai khusus tersendiri bagi warga jawa barat sehingga semua orang tahu,

dan bagi yang belum tahu justru akan menambah rasa penasaran untuk mengunjungi tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya ini,

dan yang menjadi daya tarik wisata dari gunung berapi yang masih aktif dan dekat dengan kawasan wisata Lembang ini, adalah suhu alam pegunungannya yang sejuk.

meskipun tergolong gunung berapai yang masih aktif, namun Gunung tangkuban perahu tidaklah berbahaya bagi masyarakat yang hendak melihat keindahannya dari dekat.

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU MELETUS

Sahabat DEmountain, berdasarkan penelitian, gunung tangkuban perahu terbentuk akibat dari letusan Gunung Sunda Purba yang meletus dahsyat sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Dan sejarah selanjutnya mencatat juga bahwa Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini pun juga pernah meletus beberapa kali, yaitu pada tahun 1910 dan 1829,

lalu kemudian Gunung Tangkuban Perahu Bandung juga pernah meletus di tahun 2006, dan pada saat kejadian tersebut tercatat ada 3 orang yang terluka.

dan terakhir pada tahun 2015 Gunung Tangkuban Perahu di Lembang Bandung ini pun pernah ditutup karena terlihat abu secara terus menerus keluar dari pusat erupsi Kawah Ratu.

KETINGGIAN GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

Sahabat Demountain, tercatat Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki jumlah 9 kawah.

suhu udara rata-rata Gunung Tangkuban Perahu pada siang hari berada dikisaran 17 derajat Celsius, sementara malam harinya jauh lebih ekstrim lagi, karena bisa mencapai 2 derajat Celcius

dari sembilan kawah gunung tangkuban perahu, tiga di antaranya adalah kawah yang paling banyak dikunjungi oleh pelancong karena menawarkan pesona keindahan yang luar biasa.

Tiga kawah utama gunung tangkuban perahu ini diyakini sudah berumur puluhan ribu tahun.

Tercatat bahwa kawah yang pertama kali muncul setelah letusan adalah kawah paguyangan badak ( tempat berendam badak ), yang berumur kurang lebih 90 ribu sampai 40 ribu tahun,

yang kemudian dalam fase pergerakan tanah atau geologis memunculkan kawah baru secara berurutan yaitu kawah upas, kawah domas dan terakhir kawah ratu yang berumur 10 ribu tahun.

4 NAMA KAWAH GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

Sahabat Demountain, berikut adalah 3 nama kawah utama di gunung tangkuban perahu yang terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan ;

KAWAH RATU

Sahabat traveler’s, Kawah Ratu adalah kawah terbesar dengan luas hampir 8.000 hektar dan paling terkenal dari 9 kawah yang ada di tempat wisata Tangkuban Perahu.

Lokasinya terletak di samping Kawah Upas dan rute jalan menuju ke Kawah Ratu pun cukup mudah dimana bisa diakses dengan naik moda transportasi roda dua dan empat.

Daya tarik wisata Kawah Ratu adalah menawarkan eksotisme alam yang sangat indah dimana bentuknya jika diperhatikan menyerupai mangkok besar raksasa yang dalam sekali.

Tips wisata bagi anda yang mau berwisata ke Kawah Ratu, maka datanglah pada saat langit tidak mendung atau cuaca bagus, maka pemandangan yang disuguhkan pun tampak jelas keindahannya,

seperti kontur dinding dan dasar kawah ratu begitu terlihat sangat jelas sekali, dan pemandangan tersebut menjadi background pengunjung untuk berfoto.

Fasilitas wisata di sekitar bibir kawah ratu pun cukup lengkap, seperti adanya para pedagang makanan dan minuman serta oleh – oleh bandung untuk cendera mata di deretan warung – warung.

Sementara aktifitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di sini adalah berjalan-jalan mengelilingi kawah ratu dengan cara naik kuda seperti halnya di Kebun Binatang Bandung.

KAWAH DOMAS

Gambar Foto Dari Instagram @innesh_melan

Sahabat traveler’s, nama Kawah Gunung Tangkuban Perahu selanjutnya yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Kawah Domas,

Lokasi Kawah Domas ini hanya berjarak sekitar 1,3 km dari Gunung Tangkuban Perahu, dan kawah ini belum seramai kawah putih, sehingga masih tampak lengang.

daya tarik wisata kawah domas adalah, kawah ini menyuguhkan pemandangan tidak seperti kawah pada umumnya, dimana kawah ini tampak sekali dengan longsoran tebing yang berwarna putihnya.

Namun demikian, pada beberapa bagian tebing kawah domas ini ada juga yang tampak warnanya kuning, tepatnya pada rongga atau sela – sela kawah tampak masih mengeluarkan asap belerang.

Sahabat traveler’s, meskipun kawah domas ini tak sepopuler dari Kawah Ratu, namun kawah ini mengeluarkan sumber mata air panas alami yang membentuk seperti kolam kecil.

Di kolam kecil ini, kita bisa duduk bersantai sambil merendamkan kaki dan menikmati hangatnya salah satu Pemandian Air Panas di Bandung yang mengandung belerang yang bisa membuat fresh serta rileks.

Bahkan, sama seperti di Pemandian Air Panas Ciater, berendam air belerang di kawah domas ini juga sangat dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

Baca Juga : Kawah Putih Ciwidey dan Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

KAWAH UPAS

Gambar Foto Instagram @dolanekapan

Sahabat traveler’s, inilah kawah ketiga tangkuban perahu yang lokasi kawahnya berada sekitar 1 kilometer di arah utara Kawah Ratu.

daya tarik Kawah Upas ini sendiri adalah menawarkan eksotisme pemandangan sebuah tebing curam dengan pemandangan kawah yang sangat indah sekali.

cara akses menuju kawah putih juga sangat mudah meski berupa jalan setapak, dan kita pengunjung cukup berjalan kaki saja untuk bisa sampai ke kawah ini.

nah sebagai tips wisata ke kawah upas, kang dian sarankan untuk kenyamanan anda selama liburan di Gunung Tangkuban Perahu Bandung, pastikan memakai alas kaki yang nyaman.

tips wisata selanjutnya adalah saat terbaik untuk mengunjungi kawah upas adalah sebelum matahari terbit, dimana Sunrise Kawah Upas ini begitu saat indah,

Pada saat sinar matahari mulai menerangi, maka cahayanya akan muncul dari balik gunung dengan suguhan pemandangan sunrise yang begitu eksotisnya.

Namun ada satu hal yang harus perhatikan, bahwa pada waktu tertentu kandungan belerang di sekitar kawah ini bisa cukup kuat dan berbahaya,

sehingga terkadang petugas atau penjaga kawasan Gunung Tangkuban Perahu Bandung pun terpaksa harus menutup akses masuk ke dalam Kawah Upas.

Sahabat traveler’s, hingga saat ini Kawah Upas belum dioptimalkan sebagai destinasi wisata utama, sehingga belum dilengkapi fasilitas wisata yang memadai,

hal tersebut bisa dilihat contohnya dari keberadaan pagar pembatas di tepi kawah yang belum tersedia, sehingga saat kita di sana perlu ekstra hati – hati.

KAWAH BARU

Gambar Foto Dari Instagram @tary90

Nah sahabat traveler’s, itulah beberapa hal yang menajadi daya tarik dari taman wisata alam gunung tangkuban perahu yang wajib anda ketahui.

tertarik datang ke sini ? jika iya yuk kita cari tahu dimanakah Alamat Gunung Tangkuban Perahu dan bagaimana cara mengakses rute jalan menuju ke gunung tangkuban perahu.

Catatan : salah satu cara asyik mengeksplorasi wisata alam tangkuban perahu, anda bisa ikut Paket Wisata Tangkuban Perahu atau ikut program Paket Wisata Lembang Bandung Murah.

ALAMAT GUNUNG TANGKUBAN PERAHU 

Alamat Gunung Tangkuban Perahu lokasinya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia [ Peta Lokasi ]

Lokasinya dari Hotel Dekat Bandara Husein Sastranegara 28,9 KM, dari Hotel Dekat Stasiun Bandung 29,2 KM dan Penginapan Dekat Terminal Leuwipanjang 32 KM.

 

Baca juga : EO OUTBOUND BANDUNG DAN LEMBANG

Tag : Gunung Tangkuban Perahu Lembang

Outbound Lembang : 081219876470