Jembatan Situ Gunung Sukabumi

Wisata alam merupakan salah satu wisata yang paling banyak diminati. Rekreasi alam dapat menjadi salah satu cara untuk mensyukuri ciptaan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, wisata alam juga akan menghadirkan kesan tersendiri sebab menghadirkan nuansa yang tenteram dan damai. Latar belakang alam juga akan sangat indah untuk berswafoto maupun foto bersama.

Salah satu destinasi wisata alam rekomendasi Demountain Adventure yaitu Jembatan Situ Gunung Sukabumi yang berada di Sukabumi.Jembatan Situ Gunung Sukabumi ini merupakan sebuah kawasan wisata alam yang menawarkan berbagai macam objek wisata seperti jembatan gantung, tempat berkemah, dan berbagai objek wisata lainnya.

Wisata Jembatan Situ Gunung Sukabumi dapat menjadi pilihan sempurna untuk menjauhkan diri dari keramaian kota. Selain itu, harga yang terjangkau dengan berbagai macam fasilitas juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa Jembatan Situ Gunung Sukabumi wajib masuk ke dalam listdestinasi wisata ketika berlibur ke Jawa Barat.

Hunting Foto di Beberapa Objek yang Instagram-able

Jembatan Situ Gunung Sukabumi memang menjadi salah satu destinasi yang ramai dibicarakan, khususnya bagi para pengguna jejaring Instagram. Hal ini wajar mengingat Situ Gunung Sukabumi menawarkan berbagai objek wisata yang fotogenik dan instagram-able. Tersedia banyak spot untuk foto pribadi, keluarga, bahkan foto pranikah (prewedding).

Salah satu bagian paling menarik untuk berfoto adalah Jembatan Gantung Situ Gunung. Jembatan gantung tersebut menjadi objek paling tenar di antara objek lainnya. Ya, tentu alasannya adalah karena objek yang dinilai fotogenicdan instagram-able. Siapa pun akan tertarik berkunjung setelah melihat indahnya alam dipadu dengan jembatan gantung.

Selain di jembatan gantung, salah satu objek fotogenic lainnya yaitu Danau Situ Gunung. Danau ini juga menjadi salah satu daya tarik utama Situ Gunung Sukabumi. Pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 1 kilometer saja dari pintu masuk. Jika dihitung waktu, kurang lebih hanya 20 menit saja.

Di sekitar danau, terdapat pemandangan berupa pohon pinus sehingga semakin nyata akan nuansa alam. Dengan latar belakang perairan dan lukisan alam yang indah, sudah dijamin bahwa foto yang dihasilkan akan ciamik. Terlebih lagi jika foto diambil ketika matahari terbit atau tenggelam, sudah pasti akan membuat orang lain ingin segera berkunjung.

Sudah tentu, koleksi foto di kawasan Situ Gunung Sukabumi akan menjadi hiasan menarik untuk jejaring Instagram.

Baca juga : Dago Dream Park Pilihan Tepat Wisata Keluarga di Bandung

Berkemah Semakin Sempurna dengan Nuansa Alam

Salah satu hal menarik dari Jembatan Situ Gunung Sukabumi adalah tersedianya objek untuk berkemah. Kawasan ini memang cocok untuk berkemah sebab merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parangro. Berkemah di tempat ini benar-benar akan membuat pengunjung merasakan sensasi dingin ala pegunungan.

Lokasi berkemah pun dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti lahan untuk mendirikan tenda dan ketersediaan toilet yang cukup dan bersih. Ada enam lahan berkemah disekita Jembatan Situ Gunung Sukabumi, termasuk Herendong, Tepus, dan Arben yang dekat dengan danau. Sementara tiga lahan lainnya, yakni Bagedor, Bungbuay, dan Calliandra, merupakan camping groundyang dekat dengan Jembatan Gantung atau Curug Sawer.

Bagi pengunjung yang suka memancing, tentu akan lebih menyenangkan bila berkemah di dekat danau. Kegiatan memancing memang boleh dilakukan di Danau Situ Gunung. Sementara bila pengunjung ingin menikmati air terjun, berkemah di dekat Curug Sawer adalah pilihan yang tepat. Dengan fasilitas yang ada, berkemah di Situ Gunung Sukabumi akan benar-benar terasa seperti hidup di alam bebas.

Mengabadikan momen berkemah juga bisa menjadi hal yang dilakukan. Ini akan menjadi cerita menarik tersendiri ketika kelak kembali ke rumah dan bertemu orang sekitar.

Harga dan Jam Operasional

Untuk pergi berekreasi di Jembatan Situ Gunung Sukabumi, pengunjung cukup membayar 16 ribu saja saat weekdays. Sementara di akhir pekan, harga naik menjadi 18,5 ribu saja. Sungguh terjangkau untuk wisata alam yang menyenangkan.

Sementara itu, untuk berkemah, pengunjung cukup membayar 24 ribu saja untuk weekday, dan 29 ribu untuk akhir pekan. Selain itu, tersedia pula beberapa paket berkemah baik untuk pelajar maupun masyarakat umum dengan berbagai variasi harga.

Pengunjung diharapkan untuk reservasi terlebih dahulu. Pengunjung bisa melakukan reservasi kapan saja karena destinasi wisata ini melayani selama 24 jam penuh setiap harinya. Pengunjung tidak perlu repot-repot lagi menyesuaikan jam kerja formal untuk reservasi.

Baca juga : PAKET RAFTING PANGALENGAN BANDUNG

Menuju Lokasi 

Kawasan wisata Jembatan Situ Gunung Sukabumi sangat mudah diakses. Pengunjung dapat melewati rute Jakarta – Bogor – Sukabumi menggunakan kendaraan pribadi. Pengunjung bisa juga melewati rute Bandung – Cianjur – Sukabumi. Setelah mencapai Sukabumi, langsung saja menuju daerah Cisaat sebelum akhirnya sampai ke Situ Gunung Sukabumi.

Jembatan Situ Gunung Sukabumi juga dapat dijangkau menggunakan transportasi umum seperti kereta api. Gunakan kereta api dari Stasiun Bogor Paledang, kemudian turun di Stasiun Cisaat. Setelah itu, pengjung dapat menaiki angkot ke alun-alun Cisaat atau Polsek Cisaat. Dari sini, pengunjung tinggal menuju ke Situ Gunung Sukabumi.

Selain memakai angkot, transportasi online juga sudah tersedia di kawasan ini. Cukup ambil ponsel pintar dari saku, buka aplikasinya, kemudian tentukan tujuan, yaitu Situ Gunung Sukabumi. Pengunjung dapat menikmati perjalanan tanpa berlama-lama. (M)

Tag      : Situ Gunung Sukabumi, hunting foto, instagramable, wisata alam, berkemah, camping

Baca juga : Home

Outbound Bandung : 081219876470