Orchid Forest Lembang, Destinasi Wisata Alam Nan Romantis

Daya tarik wisata alam Indonesia memang tak diragukan lagi, bahkan banyak pula tempat-tempat destinasi wisata yang bernuansa romantis dan elegan untuk Anda kunjungi. Nah, berikut Demountain akan merangkum salah satu tempat wisata alam nan romantis bernama Orchid Forest Lembang.

Orchid Forest Cikole

Daerah Lembang ini sendiri diakui merupakan salah satu daerah yang banyak memiliki destinasi wisata beragam dan menarik wisatawan. Namun, yang kini paling hits dan trend dikalangan remaja yakni Orchid Forest Lembang.

Bagaimana tidak hits? Tempat wisata alam ini tadinya adalah suatu hutan pinus, namun berhasil diubah menjadi suatu tempat rekreasi. Wow, bisa dibayangkan betapa fresh-nya udara yang kita hirup saat berkunjung ya.

Kondisi Geografis dan Ragam Tanaman di Orchid Forest Lembang

Ketika Anda merasa penat dan jenuh oleh aktivitas sehari-hari, maka tandanya Anda sedang membutuhkan liburan. Pas banget kan dengan tempat wisata yang akan kita bahas ini. Suasana yang menenangkan, udara yang segar, serta pemandangan indah hutan pinus pasti bisa membuat Anda merasa segar dan siap kembali menjalani aktivitas.

Memiliki kondisi geografis yang menarik, Orchid Forest Lembang ini terletak di dataran tinggi pegunungan, atau tepatnya didekat Gunung Tangkuban Perahu yang nampak indah dan alami.

Berluaskan kurang lebih 12 hektar, dengan ketinggian 1.500 di atas permukaan laut, membuat wisata alam ini sangat diminati pengunjung yang membutuhkan tempat sunyi nan tenang untuk mengecharge tenaga baru. Karena biasanya, memang banyak orang-orang yang berasal dari kota berkunjung kesini untuk menenangkan pikiran supaya kembali fresh.

Orchid Forest Lembang ini pun sebagian besarnya adalah hutan pinus, yang diperkirakan umurnya cukup tua, dan memiliki tinggi yang menjulang. Selain tempat untuk berwisata, ternyata juga cocok sebagai tempat edukasi. Mengapa begitu? Karena disini sudah resmi menjadi pusat pembibitan anggrek di Bandung.

Wah bahkan katanya, Orchid Forest Lembang ini pun sudah menjadi destinasi wisata unggulan edukasi yang bertaraf Internasional loh. Hal ini pun diutamakan dalam hal budidaya anggrek dan penangkaran tanaman yang sudah menjadi favorit para ibu, yakni bunga anggrek.

Mau tahu, apa saja ragam jenis tanaman anggrek di wisata alam Orchid Forest Lembang? Nah, ternyata kini tercatat lebih dari 157 koleksi tanaman anggrek yang berasal dari bermacam-macam negara.

Hal ini disebabkan karena, bukan hanya anggrek yang berasal dari Indonesia saja yang tersedia disini, namun juga banyak anggrek yang berasal dari luar negeri contohnya negara Peru, Venezuela, dan Amerika Serikat.

Tidak lupa juga, adapun tanaman anggrek yang langka dan menjadi unggulan di Orchid Forest Lembang. Contohnya saja seperti anggrek kantong semar (Paphopedilum Glaucophyllum), anggrek hitam (Coelogy Pandurata), dan jenis anggrek lain yang masuk golongan Paraphalaenopsis Laycocky.

Pasti Anda tak sabar lagi untuk berkunjung kesana, bukan? Sebab konsep budidaya tanaman anggrek ini cocok sekali untuk terapi dan refreshing pikiran Anda yang membutuhkan pemandangan indah.

Fasilitas yang Tersedia di Orchid Forest Lembang

Konsep ekowisata dan geowisata di kawasan Orchid Forest Lembang ini memang sengaja didesign untuk menarik para wisatawan. Karena selain berwisata, maka para pengunjung pun juga dilatih cara peka dan peduli terhadap kelestarian flora yang ada.

Kemudian jika ada yang bertanya terkait fasilitas, disini pun cukup lengkap dan seru pastinya. Karena fasilitas disini pun dibagi menjadi tiga bagian, yakni olahraga, outbound dan leisure. Meskipun pembangunannya tergolong bertahap, namun fasilitas pendukung disini ternyata terus dibangun menjadi lebih baik.

Hal ini dibuktikan dengan adanya proses pembangunan pada fasilitas bertaraf Internasional, bahkan diklaim belum tersedia di Indonesia, yakni bernama Snow Bay Terpanjang dan lain-lainnya.

Nah, kalau yang penasaran apa saja fasilitas yang sudah sempurna disana, maka akan kami sebutkan. Yang pertama yakni, adanya tempat gathering dan outbound, lalu adapun wisata kuliner seperti coffee corner yang bisa membuat semakin enjoy menikmati keindahan alam.

Kemudian adapula taman baca anak, taman kelinci, pusat jualan anggrek, green house, tempat panahan, camping ground bagi yang hobi berkemah, penangkaran rusa, papan turun tebing bagi yang suka memanjat, sky bridge, bermacam spot foto, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk dan Rute Jalan Menuju Orchid Forest Bandung*

Untuk harga tiket masuk di Orchid Forest Bandung ini ternyata cukup terjangkau, sebab fasilitas pendukung yang ada didalamnya pun tak kalah lengkap. Bagi Anda yang akan berkunjung kesini, maka akan dikenakan biaya sekitar Rp.30.000,00 per orang.

Namun untuk Anda yang membawa kamera DSLR, akan ditambah lagi dengan biaya sebesar Rp.50.000,00 per orang. Jangan lupa juga untuk membayar uang parkirnya, yakni Rp.30.000,00 untuk kendaraan bus, Rp.10.000,00 untuk mobil dan Rp.5.000,00 untuk motor.

Orchid Forest Bandung ini pun buka setiap hari, pada senin-jumat pukul 09.00-18.00, sedangkan sabtu, minggu maupun hari libur nasional buka pukul 08.00-19.00 WIB.

Yang terakhir, untuk rute menuju wisata alam Orchid Forest Bandung sendiri cukup mudah ya. Berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini, maka Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan langsung menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.

Lalu, selama perjalanan, jangan lupa perhatikan pintu masuk Orchid Forest yang ada di pinggir jalan. Ingat, jangan sampai terlewat ya! (B)

*Harga dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu.

Tag: Orchid Forest Bandung,  Destinasi Wisata Alam Nan Romantis, Lembang, Bandung, hutan pinus, ragam tanaman di Orchid Forest Bandung, anggrek, anggrek luar negeri, koleksi anggrek Orchid Bandung,

Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang Demountain Adventure disini