5 Tips Aman Menikmati Petualangan Rafting Bali Di Area Ubud

Rafting Bali

Banyak orang takut mencoba rafting Bali. Memang resiko kegiatan rafting tidak boleh diremehkan, tapi bukan berarti Sobat tidak bisa coba kegiatan menyenangkan ini. Di area Ubud Bali, banyak tempat rafting yang berkualitas dan menjamin keamanan Sobat.

Jika ingin ekstra aman, silahkan coba 5 tips berikut ini yang pastinya membantu:

1. Kenali Kemampuan Diri Saat Pilih Rute Rafting

Sebelum coba rafting, Sobat harus ketahui dulu kemampuan Sobat. Apakah Sobat tergolong pemula? Veteran rafting tapi kurang latihan? Atau pelaku hobi rafting yang aktif? Tiap situasi dapat memilih rute yang berbeda agar lebih aman.

Beberapa orang yang sudah ahli rafting terkadang tetap pilih rute normal untuk wisatawan biasa karena kurang latihan. D sisi lain, Sobat yang belum pernah rafting, pastikan ikut kelas jalur rafting pemula saja.

Belajar rafting dapat menjadi pengalaman liburan tersendiri bagi yang belum pernah coba. Pengalaman belajar ini akan lebih menyenangkan juga jika dilakukan bersama rombongan keluarga atau teman.

2. Kenakan Perlengkapan Pengaman dengan Baik

Saat mengikuti rafting Ubud, pastikan Sobat mengenakan perlengkapan pengaman dengan baik. Pastikan strap kencang dan ukuran helm pas di kepala. Percuma menggunakan pengaman jika mudah lepas dan tidak nyaman dikenakan.

Selain itu, pastikan kondisi perlengkapan pengaman baik. Jika melihat ada retakan atau bagian strap yang sobek sedikit, langsung panggil petugas rafting. Mereka pasti mau mengganti dengan peralatan dengan kondisi lebih baik.

3. Pilih Pakaian yang Tepat Untuk Rafting

Agar nyaman liburan rafting Bali, pastikan mengenakan pakaian yang cocok. Jangan gunakan gaun atau pakaian yang terlalu banyak aksesoris. Sebenarnya paling aman adalah mengenakan kaos dan celana saja. Baik perempuan dan laki-laki pasti nyaman rafting dengan pakaian tersebut.

Pakaian yang terlalu banyak hiasan ataupun berenda, akan mudah tersangkut dan mengganggu gerak tubuh selama rafting. Jadi, lebih baik gunakan pakaian sederhana yang cocok untuk olahraga saja.

4. Selalu Perhatikan Arahan Instruktur Rafting

Bagi para pemula rafting, pastikan ikut kelas pelatihan terlebih dahulu. Instruktur akan memberi arahan dan juga latihan yang pas untuk keamanan Sobat. Jangan remehkan instruksi mereka sebelum dan saat melakukan rafting.

Jangan asal-asalan dayung atau bergaya sok jago, ikut instruksi sangat penting demi keamanan bersama saat rafting. Banyak kasus orang rafting sembarangan dan menyebabkan kayak yang dikendarai rombongan terbalik. Jadi, pastikan dengarkan arahan instruktur.

5. Perhatikan Kondisi Area Sungai dan Cuaca Sebelum Rafting

Berikutnya adalah soal persiapan penjadwalan rafting berdasarkan kondisi alam. Jika sungai terlihat deras dan meluap air, lebih baik pilih hari lain untuk rafting. Saat cuaca mendung dan gerimis, tidak disarankan untuk kegiatan rafting dulu. Pastikan pilih hari yang cerah agar lebih aman.

Setelah tahu tips di atas, Sobat akan dengan mudah menikmati petualangan rafting dengan lebih aman. Pilihan tempat rafting Bali di sekitar Ubud, rata-rata sudah bagus kualitasnya. Jadi, Sobat dapat dilayani instruktur profesional dengan peralatan pengaman yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp