Tips Menjaga Keselamatan Saat Rafting Bali Ayung River Yang Harus Diketahui

Rafting Bali Ayung River

Jika Anda hobi berpetualangan pastinya sudah tidak akan asing lagi dengan aktivitas rafting Bali Ayung River. Aktivitas satu ini bukan lagi dilakukan oleh profesional maupun olahragawan tetapi sudah menjadi aktivitas untuk rekreasi keluarga. Kebanyakan sebagian besar peserta rafting adalah pemula dan pertama kali melakukan aktivitas tersebut.

Pada artikel ini kita akan memberikan tips untuk menjaga keselamatan ketika akan melakukan aktivitas rafting Bali Ayung River sehingga akan terasa lebih menyenangkan.

1. Pakai Atribut Keselamatan dengan Benar Saat Rafting Bali Ayung River

Ketika Anda melakukan aktivitas rafting Ubud atribut keselamatan menjadi salah satu hal yang memang wajib Anda gunakan. Walaupun Anda sudah sering melakukannya maupun sudah ahli berenang tetapi jangan pernah melupakan untuk selalu menggunakan atribut keselamatan tersebut.

Atribut keselamatan untuk rafting umumnya akan mencakup helm, dayung dan jaket pelampung. Helem menjadi salah satu atribut yang penting karena bisa memberikan perlindungan dari benturan batu maupun tebing di sungai ketika perahu terbalik maupun saat Anda jatuh ke air.

Sebenarnya perahu terbalik maupun peserta jatuh cukup jarang terjadi tetapi kapan saja bisa terjadi. Anda juga harus menggunakan jaket pelampung dan memastikan jaket pelampung tersebut pas di kenakan di tubuh. Tidak harus ketat maupun longgar karena bila terlalu longgar jaket pelampung tersebut dapat menekan leher saat terapung di air.

Bukan hanya itu saja, Anda harus terlebih dahulu memastikan seluruh klip yang ada pada jaket tersebut terpasang dengan baik. Jika, Anda tidak paham cara penggunanya, maka bisa bertanya kepada guide rafting untuk memasangkan jaket pelampung tersebut ke badan Anda.

2. Menggunakan Pakaian yang Cocok

Air sungai yang ada Bali memiliki suhu yang hangat walaupun sudah memasuki musim hujan. Namun, bila Anda memakai pakaian yang dibuat dari bahan yang mudah untuk menyerap air, pastinya bisa mempengaruhi suhu badan dan lebih menguras stamina.

Oleh sebab itu, ketika Anda akan melakukan aktivitas rafting Bali dianjurkan memakai pakaian yang berbahan tidak terlalu menyerap air. Misalnya bahan dengan polypropylene, polyester, wol, bulu mikro dan hindari untuk menggunakan bahan 100% katun. Jangan lupa juga selalu menggunakan sunblock supaya kulit tidak terbakar sinar matahari ketika sedang rafting.

3. Gunakan Dayung dengan Baik dan Benar

Sebelum melakukan aktivitas rafting, guide akan mengajarkan kepada peserta cara memakai dayung dengan baik dan benar. Bila Anda tahu cara menggunakan dayung tersebut dengan benar, maka bisa meningkatkan keselamatan. Salah satu dari tangan Anda harus memegang gagang dayung dengan bentuk huruf “T” dan tangan lainnya memegang dasar tiang dayung.

Jika Anda lebih aktif menggunakan tangan kiri, usahakan duduk di sebelah kiri dari perahu. Bila Anda adalah pemula usahakan duduk di barisan kedua perahu karena barisan depan cukup menakutkan untuk seorang pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp