3 Hal Wajib Diperhatikan Saat Mengendarai Quad ATV Bali Agar Tetap Aman

Quad ATV Bali

Apakah Quad ATV Bali? Quad ATV merupakan salah satu jenis kendaraan yang sering ditemui di daerah-daerah wisata di Indonesia. Kendaraan ini berukuran tidak terlalu besar sehingga hanya muat dinaiki oleh 1 atau 2 orang saja. Terdapat 4 buah roda di setiap sudut kendaraan yang memungkinkan Anda melaju tanpa harus belajar menyeimbangkan diri.

Kendaraan ini juga didesain untuk berbagai jenis medan khususnya area offroad. Tentunya, bagi Anda yang suka dengan kegiatan berpetualang, mengendarai Quad ATV di Bali akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat mengendarai ATV Bali Ubud atau di tempat lainnya.

Memakai Perlengkapan Keamanan

Quad ATV biasanya disewakan lengkap dengan gear-gear atau perlengkapan keamanannya. Sebut saja helm, sepatu boots, atau bahkan sarung tangan. Nah, jika tempat penyewaan quad ATV tidak memberikan perlengkapan tersebut, Anda harus menanyakannya. Karena biasanya, perlengkapan di atas sudah masuk ke dalam paket tur yang dibayar.

Perlengkapan keamanan tersebut sangat penting untuk melindungi area-area vital tubuh Anda dari benturan. Tidak bisa dipungkiri, resiko jatuh atau terantuk benda-benda keras selalu ada di dalam perjalanan. Jadi, jangan lupa untuk memakai perlengkapan keamanan tersebut ya.

Mempelajari Teknik Mengendarai Quad ATV Bali

Berkendara ATV adalah hal yang cukup mudah dipelajari. Banyak pengunjung di Bali bahkan langsung bisa mengendarai kendaraan yang satu ini hanya dalam 5 menit. Secara umum, cara kerja Quad ATV Bali cukup mirip dengan sepeda motor biasa. Bedanya hanya pada cara menggunakan gas dan mengoper gigi pada saat Anda hendak maju dan mundur.

Ketika hendak menjalankan ATV, nyalakan gas dengan memencet tombol yang ada di stang kiri, sedikit berbeda dengan tombol gas motor yang ada di sebelah kanan. Kemudian, jalankan ATV pelan-pelan agar tidak melaju terlalu kencang. Jika Anda masih merasa bingung, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu pada pemandu wisata Anda.

Kaki Tetap Berada di Atas

Perbedaan mencolok lainnya antara mengendarai ATV dan sepeda motor adalah mengenai peranan kaki Anda. Saat mengendarai motor, kaki bisa digunakan sebagai pijakan pada tanah apabila Anda kehilangan keseimbangan. Namun, kebiasaan ini sebaiknya jangan dilakukan saat Anda mengendarai ATV.

Ya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah keseimbangan pada ATV karena kendaraan ini memiliki 4 roda. Jadi, jangan sekali-kali menurunkan kaki saat quad ATV sedang melaju karena hal ini justru berbahaya. Salah-salah, roda ATV akan menyeret kaki Anda dan menimbulkan cedera jika kaki diturunkan.

Nah, jika Anda melewati area-area dimana ATV menjadi miring dan terasa tidak seimbang, Anda bisa mencondongkan badan berlawanan arah dengan kemiringan ATV. Jika Anda ragu, mintalah tolong pada staf Quad ATV Bali untuk mendampingi Anda berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp