Dusun Bambu Lembang Destinasi Wisata Ecotourism di Kota Bandung

Kota Bandung selalu menjadi pilihan wisata bagi banyak orang. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Kota Bandung adalah Dusun Bambu Lembang. Destinasi ini selalu menjadi favorit para wisatawan lokal. Selain harga tiket masuk yang murah, Dusun Bambu Lembang juga menawarkan berbagai sarana rekreasi menarik bagi para wisatawan.

Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi km 11, Kartawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini sangat strategis dan mudah dijangkau baik dari Kota Bandung maupun Lembang. Di dekat wisata Dusun Bambu, terdapat pula destinasi wisata lainnya. Wisatawan dapat merencanakan satu perjalanan wisata untuk berbagai destinasi.

Dengan ketenaran dan berbagai fasilitasnya, Demountain Adventure menempatkan Dusun Bambu Lembang sebagai salah satu destinasi favorit yang wajib dikunjungi di Kota Bandung. Destinasi yang mulai dikenal sejak awal 2014 ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika hendak berlibur.

Rekreasi Keluarga Berbasis Ecotourism

Dusun Lembang menawarkan konsep ecotourism, alias kegiatan wisata yang berwawasan lingkungan. Selain sebagai sarana rekreasi, konsep ecotourism juga cocok untuk sarana pembelajaran dan pendidikan. Hal inilah yang dipakai dalam wisata Dusun Lembang.

Dusun Bambu Lembang

Dusun Lembang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan budaya tradisional Sunda. Dengan demikian, selain dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan, wisatawan juga dapat belajar tentang budaya Sunda.

Hal ini sesuai dengan tujuan didirikannya Dusun Bambu Lembang, yakni menjadi taman rekreasi dan sarana edukasi tentang kebudayaan tradisional di era modern. Oleh karena itu, destinasi yang satu ini banyak menjadi pilihan untuk liburan keluarga, baik dari dalam maupun luar kota.

Wahana dan Fasilitas Lengkap

Sebagai kawasan wisata ecotourism, Dusun Bambu Lembang menawarkan berbagai wahana dan fasilitas yang akan memanjakan para wisatawan. Untuk menuju area utama saja wisatawan akan melewati hamparan sawah dengan gazebo-gazebo untuk istirahat. Suasana alam akan terasa sejak pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini.

Bila ingin cepat, wisatawan dapat menggunakan shuttle yang berangkat setiap lima menit. Fasilitas shuttle yang dihiasi bunga beraneka warna ini dapat dinikmati secara gratis.

Untuk wisatawan yang hobi berfoto, kunjungi saja Taman Arimbi. Area taman ini mengitari lokasi Dusun Bambu. Penataan yang rapi serta aliran sungai kecil di tengah-tengah semakin menambah keindahan taman. Kiranya dapatlah mengajak anak-anak untuk bermain dan berlari sembari mengabadikan momen dengan kamera.

Selain itu, untuk wisata keluarga, wisatawan dapat bermain di playground, menaiki perahu untuk menyusuri danau, melukis kaos, atau pun kegiatan lainnya. Anak-anak akan suka dengan kegiatan edukatif yang menyenangkan.

Kemudian, untuk mengobati rasa lapar setelah berkeliling, ada baiknya untuk menikmati santapan di beberapa lokasi di Dusun Lembang. Misalnya adalah di Restoran Purbasari. Restoran ini berlokasi di tepi danau kecil. Dengan rupa saung-saung unik, tempat makan ini mengelilingi danau sehingga tampak indah.

Baca juga : Home

Apabila ingin menikmati kuliner dari ketinggian, coba saja ke Café Burangrang. Wisatawan dapat melihat beberapa area wisata dari ketinggian. Tentu menikmati kuliner di tempat ini akan menciptakan suasana tersendiri.

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu Pasar Khatulistiwa. Ada berbagai makanan dan minuman yang disediakan di sini. Wisatawan dapat menikmati lebih banyak pilihan makanan dan minuman.

Setelah berkeliling seharian, bukan berarti wisata sudah berakhir. Sebab, wisatawan dapat pula menginap di area wisata. Ada berbagai villa maupun area gampling dengan berbagai macam harga yang dapat ditinggali untuk menginap.

Soal fasilitas, dapat dikatakan penginapan di sini termasuk lengkap. Tentu saja karena lumayan ‘premium’, wisatawan perlu merogoh kocek yang cukup besar. Akan tetapi, hal itu akan terbayar dengan suasana alam yang menenangkan. Menginap dengan suasana alam tentu akan melepas segala kegerahan setelah berlama-lama berurusan dengan kebisingan kota.

Harga dan Jam Operasional*

Wisatawan cukup merogoh kocek sebesar 25 ribu sampai 30 ribu saja untuk tiket masuk. Selain itu, tarif parkir di tempat ini yaitu

  • Mobil : 15 ribu
  • Motor : 10 ribu
  • Bus : 25 ribu
  • Mini bus : 25 ribu

Sementara itu, untuk jam operasional, Dusun Bambu Lembang beroperasi mulai dari pukul 09.00 – 21.00 WIB. Sementara di hari libur, jam operasional adalah 08.00 – 23.00 WIB.

Baca juga : PAKET RAFTING PANGALENGAN BANDUNG

Menuju Dusun Bambu Lembang

Rute utama untuk menuju lokasi wisata adalah melewati jalan utama menuju Lembang, kemudian belok kiri ke arah parongpong. Wisatawan juga dapat memakai rute Bandung – Ledeng – Jalan Sersan Bajuri – Parongpong, sehingga mencapai lokasi wisata.

Perlu menjadi catatan, wisatawan sebaiknya memperhatikan waktu dan kondisi cuaca jika hendak berlibur. Ketika sedang akhir pekan atau musim liburan, tentu jalan utama menuju Dusun Bambu Lembang akan dipenuhi kendaraan. Lalu lintas pun menjadi macet.

Wisatawan dapat mengambil jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Bila berangkat dari Cimahi, wisatawan dapat mengambil Jalan Cihanjuang sebelum masuk ke Parongpong dan sampai ke lokasi. Selain itu, Jalan Kolonel Masturi juga dapat digunakan sebagai alternatif.

Bila berangkat dari Bandung, wisatawan dapat melewati Jalan Gegerkalong Girang, kemudian ke Jalan Cihanjuang, sebelum akhirnya masuk ke Parongpong dan sampai ke lokasi. Sebagai alternatif Jalan Cihanjuang, wisatawan juga bisa melewati Ciwaruga sebelum ke Parongpong. (M)

*Harga dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu.

Tag: Dusun Bambu Lembang, wisata bandung, wisata lembang, wisata edukatif, wisata ramah lingkungan, ecotourism, wisata keluarga, penginapan, kuliner

Baca juga : Offroad Lembang by De Mountain Adventure Bandung