EO Outbound Pangalengan Bandung

EO Outbound Pangalengan – Perusahaan atau organisasi dengan tingkat tekanan tinggi, proses produksi yang cepat dan tanpa henti tentu membuat karyawan berada dalam tekanan yang kuat.

Outbound Training adalah program pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan kreatif yang efektif, dengan penggabungan antara intelegensia, fisik, mental, dan spiritual.

Personal Development

Pelatihan pengembangan diri sehingga peserta mengenali potensi yang ada dalam dirinya dan mampu menjadikannya sebagai kekuatan untuk membangun budaya yang baik di perusahaan.

Building The Winning Team

Program pelatihan kepemimpinan dengan tujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam membangun dan mengembangkan team kerja yang tangguh dan memiliki mental juara. Peserta akan dilatih untuk menjadi champion dalam mencapai target yang ditetapkan.

Problem Solving and Creative Thinking

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memecahkan masalah secara out of box dan melatih peserta untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam memperbaiki budaya dan kinerja perusahaan.

Outbound Training

  • membuat peserta mampu merasakan peningkatan hubungan kerjasama, soliditas, sinergi dan kekompakan tim
  • membuat peserta mendapatkan peningkatan daya cipta atau kreativitas baru untuk dikembangkan
  • membuat peserta mampu meningkatkan daya analisis terhadap suatu tantangan dan masalah
  • membuat peningkatan kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki
  • membuat peserta mampu meningkatkan keahlian kemimpinan untuk bisa diaplikasikan di perusahaan

Membahas tentang pengertian contoh dan macam-macam game permainan outbound akan kurang menarik jika tidak menelisik terlebih dahulu tentang sejarah diterapkannya outbound dalam proses pembelajaran. Di tahun 1920an, seorang berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hahn mendirikan sekolah bernama Salem School. Di sekolah ini Kurt Hahn menekankan pembelajaran yang bertujuan untuk membangun karakter anak melalui rangkaian kegiatan fisik non kompetitif. Berawal dari sana, selanjutnya Kurt Hahn bersama Sir Lawrence Holta (Inggris) mendirikan suatu kamp pelatihan “Outward Bond” untuk melatih para pelaut Inggris melalui metode pelatihan outbound yang menggunakan pendekatan pembelajaran Experiental Learning. Dari sinilah selanjutnya pendidikan melalui Outbound terus dikembangkan dan menyebar ke seluruh dunia.

Pengertian Outbond adalah

Apa itu Outbound? Outbound adalah suatu kegiatan belajar di luar ruangan sebagai sarana penambah wawasan yang didapat dari serangkaian pengalaman (experiental learning) sehingga dapat memacu pembentukan pengetahuan, karakter positif, semangat belajar,kreativitas, motivasi, kinerja, dan tanggung jawab peserta didik. Outbond merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dalam pembelajaran. Karena Outbound dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran.

Pengalaman adalah guru terbaik, begitulah pepatah mengatakan. Outbound adalah proses pembelajaran yang membuat peserta didik belajar secara alami. Melalui outbound training, seorang anak mengalami proses alami bermain. Proses alami bermain dalam Outbound adalah dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Pengalaman dalam kegiatan outbound dapat mengembangkan berbagai hal positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Dan outbound dapat dirancang dengan berbagai variasi kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan Game Permainan Outbound

Game permainan outbound memiliki banyak tujuan jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Berikut ini beberapa tujuan dari Permainan Outbound:

  • Guru dapat melihat kelebihan dan kekurangan siswa dari segi kognitif, afektif maupun motorik
  • Mengajarkan anak untuk berekspresi sesuai dengan caranya sendiri yang masih dapat diterima lingkungan sosial
  • Melatih peserta didik untuk memahami perasaan, pendapat orang lain dan menghargai perbedaan
  • Dapat menggerakkan semangat dan motivasi peserta didik untuk terus terlibat dalam kegiatan aktif
  • Melatih anak lebih mandiri dan bertindak sesuai dengan keinginan
  • Melatih anak untuk lebih empati dan sensitif dengan perasaan orang lain
  • Melatih anak untuk mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mengenalkan pada anak tentang cara belajar yang efektif dan kreatif
  • Sarana yang sangat tepat untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya karakter positif
  • Sarana mengembangkan nilai positif sehingga terbentuk karakter melalui berbagai contoh nyata dalam pengalaman hidup
  • Sarana mengembangkan kualitas hidup siswa melalui kegiatan yang menuntut berkarakter positif
  • Sarana untuk memberikan keteladanan karakter yang baik kepada lingkungan
Tag: EO Outbound Pangalengan, EO Outbound Pangalengan
CP: 081219876470