Jendela Alam Bandung, Salah Satu Wisata Edukasi Anak

Wisata dengan konsep edukasi tentunya dapat membantu anak dalam mengembangkan pengetahuan. Tak hanya itu, sang anak pun dapat memupuk rasa penasarannya, hingga ia akan terus tertarik ketika belajar sambil berwisata. Nah, berikut Demountain  Adventure akan membahas salah satu wisata edukasi yang menarik daya minat sang anak yakni, Jendela Alam Bandung.

Letak geografis dari wisata Jendela Alam Bandung ini berada di pegunungan, sehingga para wisatawan pun dapat menghirup udara segar dan fresh secara langsung. Tak hanya itu saja, ternyata disini banyak sekali aktivitas yang sengaja disediakan untuk pengunjung, seperti peternakan, pembibitan maupun perkebunan.

Harga Tiket dan Jadwal Buka 

Ketika Anda hendak berkunjung kesana, pastikan untuk sedia memori yang cukup, karena akan banyak sekali aktivitas menarik yang membuat Anda ingin terus berfoto ria dan mengabadikan setiap moment disana.

Kemudian, untuk harga tiket masuk destinasi Jendela Alam Bandung ini sendiri ternyata sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp.20.000,00 di hari sabtu, minggu dan saat libur Nasional. Lalu untuk hari biasa yakni senin sampai jumat, hanya sebesar Rp.15.000,00 saja.

Selain tiket masuk, adapun tiket-tiket lainnya jika Anda ingin bermain wahana tertentu. Contohnya, ketika Anda hobi berkuda, berenang, atau saat Anda ingin naik becak mini, menangkap ikan, membentuk tanah liat, animal feending dan menghias tanah liat maka Anda bisa membayar Rp.20.000,00 per aktivitas. Harga ini relatif terjangkau, bukan?!

Tidak lupa juga untuk Anda yang suka berwisata ekstream, seperti flying fox big dan low roper seharga Rp.35.000,00, kemudian untuk high roper Rp.60.000,00. Lalu, adakah wahana khusus untuk anak-anak? Pastinya tersedia!

Wahana untuk anak, yakni seperti flying fox mini, kereta mini, segway yang memiliki harga Rp.25.000,00 per aktivitasnya. Terakhir, adapun trampolin seharga Rp. 15.000,00. Cukup banyak dan lengkap ya, wahana yang ada disana. Oh iya, untuk harga diatas kemungkinan bisa berubah-ubah tanpa pemberitahuan tertentu, sehingga Anda bisa memastikan secara langsung ketika sudah berada di lokasi.

Selanjutnya, untuk jadwal buka tempat wisata Jendela Alam Bandung ini ternyata buka setiap hari loh. Yakni mulai senin-jumat pukul 09.00-15.30 WIB, dan untuk hari libur yakni sabtu dan minggu pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Baca juga :

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Jendela Alam Bandung

Memang terkadang kita merasa bingung untuk menentukan wisata mana yang cocok dikunjungi bersama anak-anak. Namun, Jendela Alam Bandung ini bisa jadi salah satu pilihan Anda loh. Karena tempat wisata ini pun sudah sering digunakan untuk destinasi field trip pada sekolah-sekolah yang ada di Bandung ataupun luar kota.

Lalu, aktivitas seperti apa yang bisa kita lakukan saat berada disini? Yang pertama, Anda bisa mengajak sang anak untuk tour sahabat alam. Ketika tour ini berlangsung, maka peserta akan berkeliling area yang dibimbing oleh guide.

Area yang dimaksud pada aktivitas ini seperti, area hidroponik, area tanaman obat, mengunjungi area kuda poni, greenhouse tomat cherry, rumah jamur tiram, peternakan ayam arab, kambing etawa, rusa totol, rumah reptil dan kelinci. Dengan ini anak akan dilatih mencintai alam dan mengenal dekat hewan-hewan disana.

Lalu kegiatan selanjutnya, yakni anak diajak bermain dengan cara berkebun konvensional supaya lebih dekat dengan alam. Adapun berburu harta karun untuk melatih skill mapping, problem solving, team work, dan lain-lainnya.

Karena bertemakan edukasi, maka adapula kegiatan edukasi seru seperti workshop menarik yang bisa diikuti semua pengunjung. Workshop ini sendiri terdiri atas workshop bedah anatomi hewan, hidroponik, telur, biogas, pembuatan kompos, dan workshop takakura yang akan mengenalkan metode pengolahan limbah organik dengan metode takakura yang bisa dilakukan dirumah.

Adapun pengenalan seni untuk sang anak, yakni dengan kegiatan seperti menghiasi layangan dan menghias tanah liat yang sudah disediakan alat lukis lengkap. Hasil karya seni ini juga bisa dibawa pulang ya, sebagai pelatihan imajinasi untuk anak Anda.

Aktivitas yang terakhir, yakni menjelajahi area pertanian dan perkebunan. Bahkan bila sedang musim panen, para peserta pun diperbolehkan memetik hasilnya.

Lokasi dan Rute Menuju Destinasi Wisata Jendela Alam Bandung

Objek wisata Jendela Alam Bandung ini berada di Lembang, tepatnya berlokasi di dalam kompleks Graha Puspita, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5 Cihideung, Lembang, Bandung Barat. Meskipun di dalam kompleks, tetapi lokasi ini tetap mudah ditemukan, jadi jangan khawatir!

Untuk cara menuju lokasi, bisa diambil dari arah Lembang ataupun Bandung. Jika dari Lembang, maka Anda arahkan kendaraan pribadi ke Parongpong yang searah dengan air terjun pelangi dan Tangkuban Perahu. Setelah itu, masuklah melalui gerbang belakang dari kompleks Graha Puspita.

Namun jika Anda memilih dari arah Bandung, maka jalanlah ke rute utama yakni jalan setiabudi – Ledeng – lalu belok ke Jalan Sersan Bajuri Terminal Ledeng, setelah itu ikuti jalan terus sampai bertemu dengan lokasi Jendela Alam Bandung.

Memang diakui untuk menuju ke lokasi wisata alam ini, lumayan sulit bila harus memakai kendaraan umum. Dengan demikain, jika akan berkunjung, Anda lebih disarankan untuk memakai kendaraan pribadi ya.

Demikian sekilas rangkuman terkait tempat wisata Jendela Alam Bandung. Sudahkah Anda berkunjung? (b)

*Harga dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu.

Tag: Jendela Alam Bandung, Demountain Adventure, Bandung, Wisata Edukasi Anak, Harga tiket jendela Alam Bandung, aktivitas yang bisa dilakukan di Jendela Alam Bandung

Baca juga : PAKET OUTBOUND MURAH