Sejarah Offroad di Indonesia

Pengertian Offroad Secara Umum
Offroad adalah olahraga otomotif yang menggunakan mobil berpenggerak 4 roda (4×4 Four Wheel Drive) dan memiliki ban besar, baik jenis Terrain dan All-Terrain. Medan yang dilalui, lebih berat dari aspal ato jalan-jalan biasa. Seperti batu, Lumpur, sungai, pasir dan lain-lain.

Sejarah Offroad Di Dunia
Sejarah-Rally offroad dimulai pada abad ke 20. Organisasi yang pertama kali mengawalinya adalah National Off-Road Racing Association (NORRA) di amerika utara. Pendirinya Ed Pearlman pada tahun 1967. Event pertama itu melintasi padang gurun Mexico. Event itu dinamai mexican 100 dan menjadi baja 1000. Sekarang event tersebut direulasi oleh SCORE international.
Di amerika utara sudah ada beberapa tipe event. Balapan di sirkuit kurang dari 5 mil seperti crandon international off-road raceway yang diregulasi oleh CORR atau pendahulunya SODA (Short Course Off-Road Drivers Association) dan diawasi oleh World Series Of off-Road Racing (WSORR). contoh yang lain adalah Balapan diadakan oleh CORR dan WSORR mengambil tempat di jalan non aspal atau pegunungan dengan belokan yang rumit dan turunan dan tanjakan tinggi, jalan yang licin bahkan lubang. Tipe yang lain dipopulerkan oleh Mickey Thompson entertainment group yang disebut balapan dalam stadium di mana setting tanjakan, lubang dan lain-lain disusun di dalam sebuah gedung atau stadium.

Sejarah Offroad Di Indonesia
Sejarah-di Indonesia sendiri mulai sekitar tahun 1989 ketika anak-anak tentara di Bandung yang diberi fasilitas mobil 4×4 menyusuri perkebunan milik bapaknya. Salah satu motornya Tantyo Soedharmono, putra mantan Wakil Presiden Soedharmono pendiri Hill Climbing Club Indonesia (HCCI). Sekitar tahun 1990 mulailah berkembang event-event offroad, dan bermunculan banyak klub dari Bandung, Jakarta, Jateng, Jatim hingga Indonesia timur sekarang. Salah satunya Surabaya Offroad Club, yang berdiri tahun 1994 yang dimotori Cak Srundul, dan termasuk anggota IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan IOF (Indonesian Offroad Federation, yang berdiri tahun 2000).

Perlengkapan Wajib Untuk Offroad
Harus ada mobil dan sandart keselamatan menurut peraturan yang ada dalam kompetisi offroad. Misalnya mobil harus 4×4/Four Wheel Drive/Berpengerak 4 roda, seperti mobil jip ato jenis SUV (Sport Utility Vehicles). Sedangkan masalah keselamatan, tergantung dari pihak penyelenggara dan track yang akan ditempuh. Kalo hanya untuk Fun Offroad yang bersifat wisata dan tamasya, perlengkapannya biasa aja. Tapi kalo sudah dalam ajang kompetisi, seperti Ekstrem Offroad atau Speed Offroad akan membutuhkan banyak, perlengkapan keselamatan dan perlengkapan lain, seperti Winch (tali penderek), Rollbar (Besi/pipa baja sebagai pengaman mobil), Jok dan sabuk pengaman khusus 4 titik, helm untuk pengendara atau tim dan masih banyak yang lain.

Outbound Jogja

Jadi, offroad itu adalah olahraga otomotive yang menggunakan mobil penggerak 4 roda bro. Jenis-jenis mobil yang kayak gini tuh kaya mobil mobil jip ato jenis SUV (Sport Utility Vehicles). Dari dulu hingga sekarang, offroad udah banyak banget penggemarnya.

Di offroad ini kamu harus melewati medan-medan yang beda dari biasanya. Kalau umumnya kamu menyetir mobil di jalanan aspal yang rata. Di offroad ini kamu harus mengemudikan mobil di jalanan yang ekstrem, seperti di jalanan yang berbatu, sungai, pasir, dan lainnya.

Karena jalanan-jalanannya yang ekstrim itulah kamu harus menggunakan mobil Four Wheel Drive (4 WD). Mobil 4 WD ini merupakan istilah yang digunakan untuk mobil yang memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya. Jadi mobil ini pas banget digunakan untuk semua kondisi jalan.

Menurut laman en.wikipedia.com, offroad ini memiliki banyak jenis. Untuk coba-coba, kamu bisa memulai offroad dengan mengikuti offroad untuk have fun aja. Gak terlalu banyak perlengkapan yang kamu perlukan kalau kamu ikut offroad fun ini.

Offroad Bandung

Tag: Sejarah Offroad di Indonesia

CP: 081219876470